Rahasia Hijab Cosplay Leta Lestrange


Assalamu'alaikum!
Akhirnya ya, setelah penantian dua tahun Fantastic Beasts: The Crimes of Grindelwald tayang di bioskop kesayangan! Selain ceritanya yang makin greget, sayapun dibuat kagum sama deretan kostumnya yang ternyata lebih hijab friendly, simple, namun tetap stylish tanpa menghilangkan karakteristik si tokoh. Kalau dua tahun lalu pilihan saya jatuh pada Queenie Goldstein si dede centhyl New York, sekarang kostum Leta Lestrange yang menarik perhatian karena karakternya kelam, penuh rahasia namun memikat. Apalagi nama belakangnya sangat familiar di kuping penggemar Harry Potter (tapi tenang, secara silsilah Leta dan Bellatrix nggak ada hubungan darah karena Bella menyandang nama Lestrange dari pernikahan, sedangkan Leta memang keturunan langsung Corvus Lestrange. Sah yak!).

Sebelum bahas lebih lanjut ke cosplay Leta Lestrange yang diperankan oleh Zoe Kravitz, yuk mari simak penjelasan dari Coleen Atwood, costume designer film-film Fantastic Beasts, tentang kostum Leta dan penampakannya:

Leta is from the manor born. She’s a pure blood sort of aristocratic French lineage, so I wanted to really honor the French side of things, and the idea that she was incredibly effortless. And so, I kept her dress really sleek, movement wise. Zoe Kravitz has such a beautiful body. You don’t have to do much to make her look good, that’s for sure. And I chose this color because I thought it was a great color to telegraph blood, but not be red. There’s an attached cape in the back. It’s detached from the dress, so you didn’t lose the shape of the body, but you still got a little kick.

YANG BEGINI MAU DIKOSPLEIN PAKE HIJAB? Becanda ngana. Etapi tunggu dulu, penampilan dese bisa lho dibuat hijab friendly namun tetep 'greget' Leta-nya saat cosplay baik dari sisi kostum, make up dan hijab. Jadi tanpa ba-bi-bu lagi....Revelio!

Kostum


'Kuncian' kostum Leta Lestrange terletak pada aksen kerah silang berbelahan rendah yang memperlihatkan lekuk tubuh petite-nya Leta di bagian depan. Agar terlihat sedikit lebih santun, kostum yang saya pakai buat cosplay dibuat kerah kimono dengan belahan yang lebih tinggi sehingga masih aman kalau memakai inner hijab yang panjangnya menutup dada. Bagian cape di belakang juga ngebantu banget buat menyamarkan lekuk tubuh di bagian belakang, jadi walau bahannya terbuat dari kain satin warna burgundy/ungu tua nan elegan (tergantung pencahayaan sih) nggak usah khawatir 'segitiga bermuda' akan kelihatan. Bagian bawah gaun juga dibuat lebih panjang dengan model a-line agar lebih flowy sehingga pergerakannya anggun sekaligus dramatis. 

Aslinya, sepatu yang digunakan Leta punya detail silang yang cukup rumit di bagian depan dengan hak rendah. Namun berhubung sepatunya nggak ada, maka diakali dengan heels tertutup dan kaos kaki hitam.  Detail tongkat sihir yang digunakan Leta juga simpel dengan nuansa warna hitam dan perak di gagangnya, jadi biar nggak repot saya akalin pake kuas lukis yang cukup panjang, lem tembak dan akrilik sehingga terlihat ringan, ramping dan kokoh. Dua detail printilan kostum Leta lainnya adalah topi penyihir beraksen lipit ala art deco yang super chic sewarna baju (maaf nggak sempet bikin) dan cincin tunangan. Kalau Leta pake topi, penampilannya begini:
Asik, bonus si abang Theseus!  
Makeup
Berhubung karakteristik wajah Zoe sebagai Leta dan saya beda biyanget (ya menurut ngana satu ngotak dan rahangnya tegas satu mbulet!), contouring, highlight, freckles dan heavy smokey eyes  jadi tantangan yang mesti saya taklukkan ketika cosplay. Setelah berkali-kali latihan, inilah hasil dan perbandingan dengan aslinya:

Walau skin tone Leta lebih gelap dan contouring lebih tegas, foundation yang dipakai tetap sesuai dengan warna kulit biar terlihat natural. Contouring juga menyesuaikan bentuk wajah sehingga nggak terlihat kaku dengan contour stick yang dibaurkan bersama eyeshadow warna terracotta di tulang pipi untuk shading yang lebih dalam dan menaikkan skin tone. Riasan mata dan alis juga dibuat effortless sehingga memperkuat kesan sendu pada karakter Leta. Nah, berhubung saya pake kacamata, smokey eyesnya dibuat sedikit lebih ringan biar mata nggak celong. Untuk tahi lalat di dagu dan freckles di sekitar hidung, pensil alis coklat to the rescue! Oiya, hampir semua kosmetik yang saya pake untuk look-nya Leta pake produk lokal, lho! Ini dia detailnya:

Bikin tutorial + reviewnya, jangan?

Hijab
Gaya rambut Leta di sekuel Fantastic Beasts masih dalam pengaruh flapper dimana makin pendek, semakin cucok. Namun karena Leta berambut ikal dan panjang, sehari-hari hairdo-nya digelung membentuk side swept bun di sebelah kanan sehingga membingkai wajah tegasnya. Kalo dari tadi diperlihatkan penampakan depannya, ini penampakan belakang hair do-nya Leta:


Untuk hijab-do nya, biar tetap rapi jali selama cosplay saya memilih hijab hitam bahan katun yang ringan dan lembut dengan bentuk awal segitiga dan ciput ninja warna netral. Caranya, pentul hijab di atas kepala agar membentuk belahan samping, lanjut pentul kanan-kiri rahang dengan ujung dibiarkan longgar untuk menambah tekstur rambut ikal. Kemudian untuk efek side swept bun, pelintir sisa hijab bagian kiri dan tengah ke arah kanan dan masukkan sisanya ke dalam inner hijab. Lalu pelintir sisa hijab bagian kiri ke arah luar agar menambah volume dan tarik ke kiri untuk menyempurnakan swept side bun tadi. Voila! 

Oiya,  selain gaya hijab yang tadi, ada alternatif lain yang lebih mudah dan syar'i, namun tetap memunculkan efek 'ikal'nya Leta. Gaya hijab ini bahkan bisa dipake kalo ke acara resmi, lho. Begini perbandingannya:

(ki-ka) tampak depan, tampak samping, versi syar'i
Jadi, sekian dulu rahasia cosplay Leta Lestrange berhijab versi saya. Untuk rahasia lainnya, nonton aja dulu Fantastic Beasts: Crimes of Grindelwald mumpung masih tayang!

Regards, Ratri "Neng Leta" Lestrange



6 komentar:

  1. Keren banget! Suka sama makeup, kostum, dan trik hijab-do nya! Kreatif amat sampe bisa mirip gitu, Mbak, well done :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waaah terima kasiih! Semoga bermanfaat yaa!

      Hapus
  2. Wah, menarik mbak. Semua bisa dimodifikasi sesuai selera kita ya. Intinya kreatif. Aku suka gaunnya, elegan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yep, itu salah satu alasan kenapa milih cosplay sebagai Leta, gaunnya bisa dipake kondangan :D

      Hapus
  3. Balasan
    1. Tuh kaaan! Bisa tuh jadi inspirasi baju bridesmaids, hihii

      Hapus

Komentar boleh, nyampah gak jelas jangan ya :D