Hijab Casual Cosplay 101 : Basic Items

Assalamu'alaikum, 
Berhubung istilah HCC masih asing banget untuk didengar (padahal praktekinnya gak susah-susah amat lho), maka demi kemaslahatan masyarakat dan karakter-karakter fantasi di fandom masing-masing aku mau share basic items yang bisa kamu pake buat HCC dan gampang banget dipadu padankan sesuai konteks acara. Oiya, perlu diingat kalo HCC yang aku posting di blog bukan cosplay anime, melainkan fandom-fandom barat, hihi. Mumpung 'pasar'nya masih sepi, boleh juga lah dicoba walaupun hasilnya tetep harus simple dan bisa dikenali.

1.Viscose/Polyester Hijab

Berhubung kenyamanan dan kesyar'ian itu nomer wahid, bahan pilihan utamanya adalah hijab berbahan viscose atau polyester polos yang nggak gampang melorot, apalagi tokoh yang mau "dicontek" nggak kemayu dan bukan personil kerajaan. Soal warnanya bisa disesuaikan sama tone warna masing-masing outfit yang mau kamu pakai. Soal model pun sebaiknya sederhana dan nggak butuh terlalu banyak peniti atau jarum pentul.

2. Neutral/Black Outfits

Berhubung rata-rata tone warna kostum para tokoh fantasy senada sama alamnya, mereka suka pake luaran warna netral atau hitam karena lingkungan di sana, sekalian biar keliatan keren (ini apa hubungannya cobak). Biar nggak riweuh, outer kayak cardigan, military jacket, trench coat, atau cape bisa jadi pilihan untuk HCC sebagai Jedi, Katniss Everdeen, anak-anak Dauntless, Doctor Who (no. 9, David Tennant), even Legolas :p. Selain luaran, kemeja, rok dan celana dengan warna netral juga wearable untuk cosplay sekaligus tampilan sehari-hari.

3. Boots

Urusan sepatu, boots emang udah jadi model sepatu paling gampang untuk ditiru, tapi bisa ngubah penampilan jadi keren dalam sekejap. Supaya penampilan tetep simpel tapi representatif pilih boots ber-heels rendah dan berwarna gelap. Tampilan paling recommended: Tonks (Harry Potter), Arya Stark (Game of Thrones), Eowyn/ Eorlingas (Lord of the Rings).

4.  Black Abaya


Bemtuknya yang simple, longgar dan nyaman bisa banget digunain sebagai jubah buat HCC ala murid Hogwarts, Night's Watch versi hijab (btw kalo ada beneran iman para Night's Watch di The Wall bakal tergugah gak ya? *mulai ngaco**dikejar White Walker*) atau personil klan Stark di Game of Thrones kalau ditambah aksen bulu atau knitted round-scarf. Kalau mau ber-HCC ria dengan abaya, sebaiknya beli yang kancing depan atau berbentuk jubah.


5. Pastel Dresses / Kaftan



Kalo mau ber HCC sebagai karakter yang feminin kayak elf-elf Rivendell yang cakep/cantiknya bikin nyebut (nyebut asmaul husna maksudnya), dress berwarna pastel bisa bikin penampilanmu stand out sekaligus anggun di acara resmi dengan paduan aksesoris yang tepat. Naksir dress birunya Daenerys tapi gak pede karena seksinya sungguh terlalu? Bisa diakalin pake kaftan berwarna senada, kok. Malah bisa jadi inspirasi buat hari raya :D.

Dari yang seseksi ini:

  Jadi begini


Maaf kalo kurang mirip :p

6. Fandom Signature Accessories

Believe it or not, di Indonesia udah lumayan banyak lho yang jual merchandise berbagai fandom yang bisa dipake, misalnya kalung Evenstar, pin Mockingjay, seragam Hogwarts (bisa dibeli terpisah lho), dan seragam kru pesawat Enterprise (kalo ada lagi share di kolom komentar ya).

Yak, segini dulu Hijab Casual Cosplay 101 dari aku!
Have fun & enjoy, folks :D

Regards, Ratri



5 komentar:

  1. wow.. gue rasa ini pasar potensial dan bagus banget :D
    lanjut gan!

    BalasHapus
  2. Bagus banget itu bajunya XD

    BalasHapus
  3. pernah liat di acara hitam putih, yang di dandanin jadi princess. asli mirip bgt sama tokoh si kartunnya

    BalasHapus
  4. eh eh eh ada Ratriii....... hwhwhwhw.....
    yaa boleh juga tulisanmu...... good idea! desainnya buat fandom Barat jadi #antimainstream kayak si Juki.. ngoahahahaha....
    masukin laa foto contoh yang buat kostum Hogwarts.... kalo anda emang ogah narsis (seperti saya, hahaha) yaa suruh orang lain aja jadi modelnya...
    iyus

    BalasHapus

Komentar boleh, nyampah gak jelas jangan ya :D